Inilah Sembilan Prioritas Pembangunan Infrastruktur Jawa Barat


INFO NASIONAL - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan tidak akan ada pertumbuhan ekonomi tanpa koneksi antarkawasan. Karenanya, infrastruktur transportasi  menjadi penting untuk menumbuhkan konektivitas antarkawasan di suatu daerah. "Semakin banyak koneksi (dalam artian infrastruktur), semakin banyak pertumbuhan," kata Ridwan dalam acara press conference di taman barat Gedung Sate, Bandung, Kamis, 27 September 2018.
Acara yang digelar Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Barat ini dibuat dengan kemasan berbeda. Diberi nama Jabar Punya Informasi (JAPRI), acara berisi dialog antara narasumber dan awak media membahas topik yang sedang hangat.
JAPRI edisi pertama ini membahas sembilan proyek prioritas di bidang infrastruktur transportasi yang akan digenjot pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat selama lima tahun mendatang. Hadir sebagai narasumber, yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Barat Eddy Nasution, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, serta Akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Johnny Patta.
Ridwan menambahkan, pihaknya akan memprioritaskan pembangunan sembilan proyek infrastruktur, yakni:
  1. Reaktivasi empat jalur kereta api, yaitu jalur Bandung-Ciwidey, Rancaekek-Tanjungsari, Banjar-Pangandaran-Cijulang, dan Cibatu-Garut –Cikajang.
  2. Perpanjangan runway Bandara Kertajati dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter.
  3. Pembuatan road barrier, batas jalan di daerah rawan kecelakaan.
  4. Pembangunan bandara di Sukabumi.
  5. Pembangunan jalur ganda kereta api Bogor–Sukabumi
  6. Pembangunan Terminal Parung, Kabupaten Bogor.
  7. Pembangunan inland waterway Cikarang Bekasi Laut (CBL)
  8. Pembangunan jalur khusus angkutan tambang di Parung Panjang, Kabupaten Bogor.
  9. Pembangunan pelabuhan Patimban di Subang
Senada dengan Ridwan, akademikus Institut Teknologi Bandung, Johnny Patta, mengatakan  ekonomi tanpa konektivitas tidak akan berjalan. Ada empat elemen yang mendukung pertumbuhan ekonomi, yaitu konstruksi, investasi, government spending, juga ekspor-impor. Menurut Johnny, keempat elemen tersebut tidak akan bergerak tanpa hadirnya konektivitas.  "Jadi betapa pentingnya infrastruktur untuk konteks ekonomi," tuturnya.
Share:

Recent Posts